Racikan Pakan Ayam Bangkok yang Hemat

Cara membuat racikan pakan ayam bangkok yang hemat karena semakin hari harga pakan ayam semakin mahal. Biaya pakan akan sangat terasa jika kita memiliki ratusan ayam bangkok, untuk itu kita perlu mencari racika pakan alternatif yang hemat untuk meminimalisi biaya.

cara membuat pakan ayam bangkok

Meracik pakan ayam bangkok tidak lah sulit karena sebagian besar bahan yang di butuhkan banyak berada di sekitaran kita. contohnya daun kates , daun kelor , nasi sisah dan masih banyak yang lainnya.

Ayam Bangkok usia 0-3 Bulan

Untuk ayam bangkok usia 0-1 Bulan, sebaiknya anda memberi full voer 511 yang di tumbuk halus agar ayam bisa melahapnya dengan mudah. Kalau ayam sudah menginjak umur 1-3 bulan anda bisa mencampur voer 511 dengan nasi putih sisa kemarin. Cara mencampurnya voer dan nasi putih cukup di tambahkan air secukupnya jangan sampai kebanyakan, nanti ayamnya tidak suka. merk voer ayam bangkok biasanya saya menggukan voer 511 pokpand.

Ayam Bangkok lancuran

Untuk menghemat ransum ayam bangkok lancuran, ayam lancuran merupakan ayam yang memasuki usia 4 bulan . Pada umur ini asupan protein dan nutrisi harus terpenuhi supaya pertumbuhan ayam bisa maksimal, mulai dari tulang hingga bobot dan terhindar dari berbagai penyakit. untuk ayam pada usia ini , ada dua jenis racikan pakan yang bisa anda gunakan.

Cara pertama, sebenarnya mirip dengan racikan pakan ayam bangkok anakan, hanya jenis voer yang gunakan berbeda yaitu dengan menggukan pakan ayam bangkok voer 594. anda bisa mencampur voer 594 dengan jagung halus ,dedak dan nasi sisa kemarin.

Cara kedua, yaitu bisa menggukan voer 594 dicampur dengan hijauan yang di iris secara lembut, di tambah jagung halus, dedak dan nasi sisa kemarin. cara ini selain menjaga gizi bahan yang di butuhkan juga sangat jauh lebih irit.

Ayam bangkok usia dewasa

Untuk pakan ayam bangkok siap adu dan dewasa , anda di sarankan untuk menambah pakan berupa beras merah dan gabah. atau anda bisa menggukan pakan seperti racikan pakan pada ayam bangkok luncuran. anda bisa membagi waktu saat memberi pakannya misall pagi ayam di beri pakan campuran tadi lalu sore hari ayam di beri pakan beras merah atau gabah.

 

Demikian lah cara membuat pakan ayam bangkok dari mulai usia 0 hingga dewasa, semoga bisa membantu anda untuk menghemat pakan. serta menjadikan ayam anda semakin sehat dan berkebang biak yang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *