Cara Mudah Mencegah Ayam Makan Bulu Kanibal

Posted on

ayam kanibal

Kali ini kami akan mengulas tentang kanibalisme ayam baik untuk ayam kampung , ayam joper atau ayam lainnya. Sifat kanibal ini harus segera di tangani atau kita cegah , karena nanti bisa berakibat buruk pada ayam.

Jadi anda sebagai peternak ayam pemula harus bisa segera mengatasi ketika terjadi ayam makan bulu temannya, biasanya ayam yang kanibal ini memakan bulu halus atau memakan brutu ayam lainnya.

Sifat Kanibalisme ayam biasanya terjadi pada ayam sa’at memasuki usia 2 minggu sampai 50 hari, penyebab kanibal ini terjadi bisa karena factor genetic , kandang yang terlalu sempit , pemberian pakan yang kurang dan factor kandungan nutrisi pakan tidak mencukupi.

Untuk mencegah ayam tidak memakan bulu kami memiliki 2 opsi yaitu :

  1. Untuk langka pertama ayam biar tidak kanibal yaitu di beri dedaunan, bisa kita beri daun papaya, daun pisang , kangkung , Azzola atau jenis daun2 yang lain.
  2. Untuk langka ke dua jika sudah di diberi dedaunan masih saja terjadi kanibalisme, ayam langsung kita karantinakan baik yang menjadi pelaku atau korban selama satu hari. Dengan di beri pakan seperti bisanya.

Itulah dua opsi yang bisa kita bagikan untuk mencegah kanibalisme pada ayam , semoga bisa menjadi solusi untuk teman – teman peternak yang masih pemula sekian terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *